Nabi Adam a.s. memiliki putra-putri sebanyak 40 orang (20 pasang). Beberapa sumber riwayat yang lain mengungkapkan bahwa Nabi Adam as mempunyai 25 orang anak, 24 orang lahir berpasangan yaitu lak-laki dan perempuan,kecuali nabi Syits as sebagai anak ke 5, dilahir dengan sangat istimewa tanpa tanpa ada pasangannya, bahkan tanpa sel telur Siti Hawa dalam sebuah riwayat yang lain. Jadi menurut riwayat ini ada 13 orang putra laki-laki nabi Adam dan ada 12 orang perempuan. Putra-putri Nabi Adam as konon menurut sebuah riwayat dilahirkan berurutan : laki-laki,perempuan,perempuan,laki-laki ,laki-laki,perempuan, perempuan, laki-laki, laki-laki, perempuan, perempuan,laki-laki, begitu seterusnya.

  1. Cayn dan saudara perempuannya,
  2. Qobil dan Iqlima,
  3. Ashut dan saudara perempuannya.
  4. Habil (Abel) dan Labuda,
  5. Sys
  6. Ayad dan Hazura,
  7. Balagh dan saudara perempuannya,
  8. Athati dan saudara perempuannya,
  9. Tawbah dan saudara perempuannya,
  10. Darabi dan saudara perempuannya,
  11. Hadaz dan saudara perempuannya,
  12. Yahus dan saudara perempuannya,
  13. Sandal dan saudara perempuannya,
  14. Baraq dan saudara perempuannya.
  15. Wadd dan dan saudara perempuannya,
  16. Suwa dan saudara perempuannya,
  17. Yaghuth dan saudara perempuannya,
  18. Ya’uq dan saudara perempuannya
  19. Nasr dan saudara perempuannya

(Urutan putra-putri Nabi Adam ini masih belum dipastikan dengan baik. Hanya ada riwayat yang mengatakan bahwa Habil adalah putra ke-empat, Dan Nabi Sys adalah putra ke-5 yang menikah dengan adiknya Hazura putra/putri ke-enam nabi Adam a.s.)

Qobil Dan Habil adalah dua putra Nabi Adam yang namanya disebut-sebut dalam Al Qur’an. Qobil menolak menikah Labudza, dan membunuh Habil. Inilah yang disebutkan sebagai peristiwa pembunuhan manusia yang pertama kalinya.

Nabi Syits as menikah dengan adik nya yang nomor enam yaitu Hazurah yang pasangannya meninggal sewaktu dilahirkan,nabi Syits as mempunyai anak setelah berumur 105 tahun,dan usianya mencapai 1402 tahun. Nabi Syits as lahir 5 tahun setelah Habil,Habil anak nomor 4. Riwayat lain mengatakan bahwa adik Nabi Sys yang dilahirkan tidak berpasangan hanya wanita saja adalah Siti Hunun.

Advertisements